Cara Mudah Mengatasi Pompa Air yang Lemah dan Tidak Keluar Air


Dalam rumah tangga, pompa air menjadi salah satu peralatan yang sangat dibutuhkan. Apalagi di jaman sekarang dimana rumah – rumah jarang memiliki sumur sendiri. Pompa air menjadi alat penting untuk memenuhi kebutuhan air pemilik rumah. Mulai dari untuk mengisi bak mandi, tandon air,mengisi kolam dan lain sebagainya. Namun yang sering menjadi masalah adalah seiring berjalannya waktu, kadang kinerja pompa air mulai melemah sehingga membuat semburan air yang keluar dari kran menjadi kecil. Bahkan ada juga yang tidak keluar air sama sekali, padahal pompa air dalam keadaan menyala. Jika ini terjadi tentu akan sangat merugikan. Disamping bisa membuat biaya listrik rumah tangga menjadi lebih besar karena nyala pompa yang lebih lama, Kerusakan pompa air bisa jadi lebih parah .

Penyebab Pompa Air Melemah atau Tidak Keluar Air 


Ada beberapa faktor yang menyebabkan pompa air melemah atau tidak keluar air. Diantaranya adalah : 
  • Terdapat banyak kotoran disaringan penyedot air sehingga membuat air yang masuk menjadi terhambat.
  • Kapasitor pompa air sudah aus / rusak, sehingga membuat tenaga pompa menjadi berkurang.
  • Terdapat kebocoran pada sambungan – sambungan pipa yang membuat udara masuk. Biasanya kasus seperti ini membuat pompa tidak bisa keluar air.
  • Impeler / cakram pompa terbalik atau rusak. Impeler pada pompa berfungsi untuk mendorong air keluar, sehingga jika terpasang terbalik atau rusak maka air tidak bisa keluar. 

 

Cara Mengatasi Pompa Air yang Melemah atau Tidak Keluar Air.


Untuk mengatasi permasalahan pompa air yang melemah atau tidak keluar air, anda bisa melakukan tahapan – tahapan berikut :
  • Cek Saringan penyedot air, jika terdapat banyak kotoran segera bersihkan
  • Jika Semburan air masih lemah, Ganti kapasitor pompa dengan yang baru. Kapasitor bisa dibeli ditoko – toko listrik / toko elektro.
  • Cek juga sambungan – sambungan pipa air. Jika ada yang bocor segera dilem dengan lem pipa PVC sehingga sambungan yang bocor tertutup.
  • Jika Impeler / cakram pipa rusak bisa diganti dengan yang baru. Komponen ini bisa dibeli di tempat anda membeli pompa air atau di toko-toko alat listrik. 
Demikian cara mudah mengatasi pompa air yang lemah dan tidak keluar air. Cara – cara diatas dapat dicoba jika pompa air anda masih dalam kondisi menyala namun air yang keluar lemah atau tidak keluar sama sekali. Jika masalahnya ternyata pompa airnya tidak menyala, anda bisa cek mungkin ada kabel yang putus atau kemungkinan terparah adalah gulungan pompa airnya terbakar. Jika seperti itu maka anda harus mengganti dengan gulungan yang baru. Semoga bermanfaat dan berbahagialah selalu 

2 Responses to "Cara Mudah Mengatasi Pompa Air yang Lemah dan Tidak Keluar Air"

  1. Sanyo dimitzu saya lemah,gara2 lupa matiin,jdi 8 jam hidup.gmn y solusinya,air masih keluar cuman gk mau naik

    BalasHapus
  2. Biasanya air tidak mau naik dikarenakan ada kebocoran di sambungan pipa sehingga angin masuk. Coba cek sambungan pipanya

    BalasHapus

Maaf, komentar yang berisi link aktif tidak akan dipublikasi