Solusi Hemat Penggunaan Listrik 450 watt untuk Rumah Tangga

[pict via :metrosiantar.com]
Akhir-akhir ini saya sering mendengar curhatan dari rekan dan tetangga sekitar tentang naiknya Tarif Dasar Listrik (TDL) yang membuat mereka kini lebih sering mengelus dada. Listrik memang menjadi salah satu kebutuhan pokok di jaman sekarang, sehingga wajar bila banyak orang yang mengeluh ketika biaya bulanan listrik terus naik dan naik terus. Bagi pengguna listrik lama yang berdaya 450 watt, mungkin kenaikan biaya listrik tidak akan begitu terasa karena adanya subsidi dari pemerintah. 

Namun sekarang sudah jarang rumah-rumah yang memiliki daya listrik 450 watt. Bahkan PLN sudah tidak melayani pemasangan baru untuk daya 450 watt ini. Pemasangan listrik baru untuk rumah tangga minimal 900 watt keatas. Dan tentu kita tahu listrik 900 watt keatas sudah tidak bersubsidi sehingga kenaikan tarif dasar listrik akan langsung terasa. 

Beruntung bagi saya, karena listrik dirumah masih berdaya 450 watt. Sebenarnya saya ingin menaikan daya listriknya mengingat cukup banyaknya perangkat elektronik rumah tangga yang ada. Mulai dari TV, Kipas angin, kulkas, pompa air, mesin cuci dan lain-lain. Tentu listrik 450 watt tidak akan kuat untuk menopangnya. Untuk itulah saya mencoba berpikir cermat agar bagaimana semua peralatan itu bisa digunakan tanpa harus menambah daya sehingga bisa tetap hemat. 

Berikut saya akan bagikan solusi hemat agar listrik 450 watt bisa cukup digunakan untuk berbagai peralatan rumah tangga, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk tambah daya. 

Cara Hemat Penggunaan Listrik 450 watt untuk Rumah Tangga


  • Gunakan Lampu hemat energi untuk penerangan rumah. Kelebihan lampu hemat energi adalah bisa memberikan penerangan lebih terang dengan daya yang lebih kecil dibanding lampu pijar atau lampu TL.
  • Menggunakan peralatan elektonik secara bergantian. Gunakan peralatan rumah tangga yang membutuhkan tegangan listrik secara bergantian. Kalau saya biasanya jika ingin memakai mesin cuci maka magicom, TV, Kulkas dan kipas angin saya matikan. Kenapa? Karena saya juga otomatis membutuhkan pompa air jika menggunakan mesin cuci sehingga peralatan lain dicopot agar daya 450 watt cukup. termasuk juga kalau bisa jangan memainkan speaker besar pemutar musik saat sedang mencuci, karena biasanya sambil mencuci khususnya dipagi hari, orang kadang butuh hiburan musik dengan memutar speaker aktif mp3 bluetooth nya. jika listrik rumah anda 450 watt, hal ini coba dihindari. Gunaka peralatan elektronik secara bergantian. Penggunaan peralatan elektronik secara bergantian juga efektif membuat umur alat elektronik anda lebih awet, sehingga biaya reparasi alat elektronik bisa ditekan.
  • Gunakan Peralatan elektronik yang hemat daya. Sebelum membeli pintar-pintarlah untuk memilih peralatan elektronik. Pilihlah yang memiliki watt kecil. Misal jika ingin beli mesin cuci, belilah mesin cuci 2 tabung, karena mesin cuci jenis ini umumnya memiliki daya dibawah 200 watt. Lalu bagaimana kalau 1 tabung? Mesin cuci 1 tabung rata-rata memilki daya yang besar diatas 400 watt. Sehingga tidak memungkinkan untuk rumah dengan listrik 450 watt. Namun jika anda memaksa ingin mesin cuci 1 tabung, saya sarankan anda mencari yang dayanya dibawah 350 watt. Seperti Polytron Zeromatic, Karena walaupun 1 tabung mesin cuci ini memiliki daya yang lebih kecil yaitu 330 watt. Dan bisa bekerja walaupun dengan tekanan air yang kecil.
  • Gunakanlah peralatan elektronik yang memiliki watt besar pada pagi hari. Biasanya penghitungan KWH Meter yang paling boros terjadi mulai pukul 18.00 – 21.00. Ini disebabkan karena pada jam tersebut umumnya adalah puncak pemakain listrik rumah tangga. Jika kita terlalu banyak mengunakan listrik pada jam-jam tersebut otomatis akan memperbesar biaya listrik kita. 

Demikian lah tadi sedikit tips dan solusi hemat pemakaian listrik 450 watt untuk rumah tangga. Semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk bahagia selalu 

31 Responses to "Solusi Hemat Penggunaan Listrik 450 watt untuk Rumah Tangga"

  1. Misi gan, maaf mau tanya. Listrik di rumah saya juga 450watt. Di rumah saya cuma punya tv, magicom, mesin air, dan kipas angin. 2 hari sekali di pagi hari saya memakai hairdryer dengan daya 350watt dengan kondisi tv mati, lampu jelas mati, yg saya nyalakan hanya magicom dan hairdryer. Kenapa ya listriknya tiba2 mati ketika saya agak lama memakai hairdryer? Apakah listrik saya betul berdaya 450watt? Karena waktu dulu saya ada kulkas dll semua tetap menyala. Tapi ketika meteran listrik diganti oleh pln tiba2 daya listrik berubah menjadi lebih rendah. Saya minta solusinya gan.. terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha sama Mbak listrikku 450va. Buat nyalain pompa air agak lama lgs trip,kulkas jg nyala. Dan prnh kulkas saja yg nyala, alat2 lain mati, tetep aja trip. Kenapa ya?

      Hapus
    2. Kalau magicom nya dalam kondisi cooking jelas tidak kuat gan, karna watt nya lebih dari 100. Kalau pakai hairdryer lebih baik magicomnya dimatiin sementara

      Hapus
  2. Rmh saya juga 450va. Kalo kulkas dipasang cabut apa gak rusak gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup dimatikan pengatur suhunya dalam posisi 0 saja gan, tidak perlu dicabut steker nya

      Hapus
  3. Daya listrik dirumah saya 450 watt magicom satu
    kipas angin ada dua
    Tivi 21 ins jg ada dua
    Pompa air satu
    Dan kebtulan
    Sya tidak punya kulkas dan ingin membelinya tp bingung karna daya listrik dirumah sya 450 watt takut tidak kuat.
    Mohon solusinya
    Kira-kira klo saya beli kulkas merk apa dan watt batapa?,,,
    Trimaksih sbelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli kulkas yg watt nya kecil gan, biasanya yg satu pintu. merk nya mungkin bisa polytron atau sanyo seperti punya saya

      Hapus
  4. Daya listrik dirumah saya 450 watt magicom satu
    kipas angin ada dua
    Tivi 21 ins jg ada dua
    Pompa air satu
    Dan kebtulan
    Sya tidak punya kulkas dan ingin membelinya tp bingung karna daya listrik dirumah sya 450 watt takut tidak kuat.
    Mohon solusinya
    Kira-kira klo saya beli kulkas merk apa dan watt batapa?,,,
    Trimaksih sbelumnya

    BalasHapus
  5. Daya listrik dirumah saya 450 watt magicom satu
    kipas angin ada dua
    Tivi 21 ins jg ada dua
    Pompa air satu
    Dan kebtulan
    Sya tidak punya kulkas dan ingin membelinya tp bingung karna daya listrik dirumah sya 450 watt takut tidak kuat.
    Mohon solusinya
    Kira-kira klo saya beli kulkas merk apa dan watt batapa?,,,
    Trimaksih sbelumnya

    BalasHapus
  6. Daya listrik dirumah saya 450 watt magicom satu
    kipas angin ada dua
    Tivi 21 ins jg ada dua
    Pompa air satu
    Dan kebtulan
    Sya tidak punya kulkas dan ingin membelinya tp bingung karna daya listrik dirumah sya 450 watt takut tidak kuat.
    Mohon solusinya
    Kira kira klo saya beli kulkas merk apa dan watt batapa?
    Trimaksih sbelumnya

    BalasHapus
  7. Rumah ibu saya daya listriknya 450w.mau beli kulkas bingung kuat apa enggak. Dirumahnya cuma ada pompa air kipas angin sama lampu kalo malam. Ada saran kulkas apa yang Watt nya kecil?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau punya saya kulkas 1 pintu merk sanyo gan, masih bisa kuat walupun ada pompa dan mesin cuci

      Hapus
  8. Say masih ngontrak, dan kontrakan saya gabung dengan kontrakan satunya. Sedangkan meteran listriknya cuma 1, kontrakan saya cuma ada tv , magic com sama lampu
    , sedangkan kontrakan satunya ada kulkas , tv , vcd, dan lampu. Tiap bulan bayar 200 ribu saya sendiri, apa itu benar? Dan adil Dan mana yang memakan listrik paling banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau meterannya masih jadi 1 memang agak susah untuk pembagianya gan, tidak bisa dibagi rata karena penggunaan masing2 berbeda. yang pasti semakin banyak alat elektroniknya ya akan memakan daya listrik yg lebih besar. kalau saran saya mending pisah meteran aja agar bisa sama2 tau penggunaan listrik masing2

      Hapus
  9. Mau tanya rumah saya listrik 450 watt punya 2 tv megicom kipas angin 1 seandainya di tambah kulkas gtu bisa ndak takute ngk kuat trus njeglek

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih bisa gan, asal saat masak nasi pakai magicom, kulkas diposisikan ke 0 selektor suhunya

      Hapus
  10. Maaf gan mau nanya klo listrik 450 bisa nggak buat make mesin cuci yang 1 tabung ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gan, saya juga pakai drumah mesin cuci 1 tabung polytron zeromatic

      Hapus
  11. Saya lagi deg2an nih bang, baru dapet kado kulkas yang merk Aqua satu pintu, ini dinyalain kok kuat yah, padahal dikontrakan ada C yang 1/2 pk.. Trus tdi nyalain tv yang jadul kuat juga ga turun, tapi magicom lg dimatiin sih.. Apa gpp yaa?? Daya masih 450 krna mau dinaikin yg punya kontrakan maju mundur😔

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuat gan asal magicom tidak dalam kondisi cooking. kalau pas masak nasi kulkasnya di nol kan sementara

      Hapus
  12. Dirumah saya daya listriknya daya 450. Sudah ada magic com, sanyo, dan kulkas. Rencananya mau nambah mesin cuci. Berarti pas mau pakai mesin cuci nya kulkas gk perlu dicabut gt ya, cuma suhunya diposisi 0 aja gitu?
    Mohon pencerahannya gan...
    Takut gk kuat listriknya...

    BalasHapus
  13. Rmh saya jg 450 watt kegunaan untuk area daput aja : rice cooker,kulkas 1pintu,heksos,lampu led 1,pompa air.

    Nah kmrn baru beli mesin cuci daya'a 400watt untuk mencuci'a, nah kira2 klo kulkas & rice cooker(ga kondisi masak) tetap nyala, apa kuat.. Tolong solusinya gan😁 apa kulkas harus dicabut dulu tiap x mau nyuci ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau daya mesin cucinya 400 watt kayake gak kuat gan, coba cari mesin cuci yg wattnya 350an, seperti polytron zeromatic

      Hapus
  14. Rmh saya jg 450 watt kegunaan untuk area daput aja : rice cooker,kulkas 1pintu,heksos,lampu led 1,pompa air.

    Nah kmrn baru beli mesin cuci daya'a 400watt untuk mencuci'a, nah kira2 klo kulkas & rice cooker(ga kondisi masak) tetap nyala, apa kuat.. Tolong solusinya gan😁 apa kulkas harus dicabut dulu tiap x mau nyuci ?

    BalasHapus
  15. Klw pnya q jga 450 watt,,dlu jga trip wktu tak.pasang kulkas,,tpi sma suami q kulkas nya di kasih stavol.biar gk jeglek

    BalasHapus
  16. Sya punya sanyo yng tegangan nya 220 mau sya pke cuman listrik sya hanya 450 watt kira2 kuat engga gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung dirumah agan ada apa aja selain sanyo

      Hapus
  17. Punyaku 450v saya beli kulkas polytron dibarengin pompa air kuat tp cuma kurang lebih 15 menit listrik anjlok ..gimana solusinya lur

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan dibuat barengan om, saat nyalain pompa air, cukup atur pengatur suhu kulkas dalm posisi 0 tidak perlu dimtikan. insyallah masih kuat

      Hapus

Maaf, komentar yang berisi link aktif tidak akan dipublikasi