Reparasi Timbangan Digital Sartorius TE601


Bekerja sebagai tekhnisi elektro di salah satu perusahaan swasta membuat saya sering berhadapan dengan berbagai jenis benda-benda elektronik yang berada dalam kondisi kurang sehat (baca : rusak). Dan kali ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman memperbaiki timbangan digital yang error.

Kali ini "Pasien" saya adalah timbangan digital Sartorius TE601. Timbangan jenis ini biasanya sering dipakai pekerja laboratorium. Bagaimana saya bisa tau? Karena yang ngirim timbangan ini ke saya sendiri adalah orang lab. Hehee..

Problem yang sering terjadi pada timbangan digital seperti ini menurut pengalaman saya adalah tidak stabilnya angka dilayar display. Atau juga tidak bisa stabil pada posisi 0. Angka pada display sering jalan-jalan sendiri naik turun, sekalipun tidak ada beban yang ditaruh di atas timbangannya.
Kenapa ini bisa terjadi?
Apakah ada benda tak kasat mata yang duduk diatasnya sehingga angkanya jalan sendiri?
Apakah kalian takut?

Saya sendiri juga masih belum tau pasti apa penyebabnya. Tapi yang pasti itu bukan ulah dari benda tak kasat mata, hehee..
Tapi ketidak stabilan display angka pada timbangan digital ini bisa terjadi karena ada error sistem pada programnya.
Untuk memperbaikinya kita bisa mencoba dengan mengkalibrasi ulang timbangan digital ini. Nah biasanya setiap timbangan digital memiliki manual book yang didalam terdapat cara untuk mengkalibrasinya. Dibuku tersebut juga ada kode-kode error beserta cara penanganannya, sehingga bisa mempermudah kita dalam melakukan perbaikan.  Itu juga langkah pertama yang saya lakukan pada timbangan sartorius TE601 yang error ini.

Lalu bagaimana jika tidak punya manual book nya atau bukunya hilang?
Jangan resah dan gelisah, Manual book timbangan digital Sartorius TE601 bisa anda download disini:

Untuk timbangan jenis lainnya bisa dicari di website resminya. Biasanya ada di halaman Support website.
semoga bermanfaat 

0 Response to "Reparasi Timbangan Digital Sartorius TE601"

Posting Komentar

Maaf, komentar yang berisi link aktif tidak akan dipublikasi