Cara Mudah Memperbaiki Stavolt yang Rusak


Cara Mudah Memperbaiki Stavolt yang Rusak
Stavolt adalah sebuah alat listrik yang berfungsi untuk menstabil tegangan listrik. Alat ini biasanya dipakai untuk peralatan - peralatan listik yang membutuhkan tegangan listrik yang stabil sebagai sumber dayanya seperti perangkat komputer, kulkas, dan lain-lain. 

Stavolt juga mampu menyimpan sebagian energi listrik sehingga jika digunakan di komputer, ketika terjadi listrik mati, komputer masih tetap menyala sehingga ada jeda waktu untuk save pekerjaan dan men-shutdown komputer tersebut.

Lalu bagaimana jika suatu hari nanti stavolt kita rusak? Jangan resah dan gelisah, karena disini saya akan berbagi tips tipis-tipis tentang cara mudah memperbaiki stavolt yang rusak. 

Kebanyakan kasus yang terjadi pada stavolt yang rusak adalah stavolt tidak keluar tegangan atau tegangan yang keluar tidak sesuai dengan semestinya. Seperti yang saya alami kali ini, saya diberi hadiah 2 buah stavolt yang rusak dengan kasus yang berbeda.

Kasus 1 : Stavolt pertama kasusnya adalah stavolt rusak tidak keluar tegangan sama sekali.


Lalu langkah apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinnya? Simak tips cara memperbaiki stavolt yang tidak keluar tegangan dibawah ini :

  • ‌Pertama yang saya lakukan adalah mengecek fuse / sekringnya apakah terputus atau tidak. Benar saja ternyata sekringnya lenyap alias tidak ada. Kemungkinan sekring putus lalu dibuang begitu saja oleh pemiliknya. Akhirnya saya beri fuse baru 5A sesuai dengan ukuran standartnya.

  • ‌setelah fuse terpasang saya cek kabel powernya dengan ohmmeter apakah masih bagus atau rusak. Ternyata kabelnya juga rusak karena terputus didalam sehingga tidak tampak dari luar. Akhirnya saya ganti dengan kabel baru

  • ‌Fuse bagus terpasang, kabel bagus. Saya coba nyalakan stavolt tersebut akhirnya stavolt normal. Jadi untuk kasus pertama ini ternyata penyakitnya adalah fuse/sekring rusak dan kabel terputus.


Kasus 2 : Stavolt rusak nilai tegangan output stavolt tidak sesuai dengan semestinya.


Untuk stavolt ke-2 saat saya nyalakan dan saya ukur outputnya ternyata tegangan keluar sekitar 300 V. Padahal seharusnya outputnya adalah 220 V. Bagaimana ini bisa terjadi? 

  • ‌Pertama saya cek kabelnya barangkali mungkin ada kabel yang salah sambung, ternyata tidak ada, semua kabel dalam kondisi baik dan benar

  • ‌Setelah cukup dibikin pusing ternyata ketemu juga saat saya cek switch inputnya yang ternyata mengarah ke input 110 V, padahal tegangan yang saya masukan adalah 220 V. Setelah saya pindah switchnya ke 220 V akhirnya stavolt kembali normal. Biasanya stavolt memang memiliki 2 opsi input yaitu 110 V dan 220 V.


Demikian cerita saya tentang cara mudah memperbaiki stavolt yang rusak. Semoga bermanfaat dan semoga bahagia selalu.

Simak detailnya lewat video dibawah ini

0 Response to "Cara Mudah Memperbaiki Stavolt yang Rusak"

Posting Komentar

Maaf, komentar yang berisi link aktif tidak akan dipublikasi